Kamis, 16 Agustus 2018

KEUNTUNGAN MENGIKUTI STUDENT EXCHANGE PROGRAM/PERTUKARAN PELAJAR



Student Exchange atau dalam bahasa Indonesia berarti pertukaran mahasiswa merupakan program yang diselenggarakan oleh pihak tertentu untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar negeri dalam jangka waktu tertentu. Durasi student exchange pun tergantung dari program yang kita pilih tetapi biasanya 1 semester/6 bulan – 1 tahhun dan ada juga short course atau biasanya pas liburan selama 1 minggu sampai 1 bulan gitu.
Ada beberapa instansi terkait student exchange di antaranya, Erasmus Mundus, AFS Intercultural Programs, Youth Exchange and Study (YES), Rotary Youth Exchange Program (RYEP), Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP), Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP), Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP), Indonesia-Korea Youth Exchange Program (IKYEP) serta Ship for Southeast Asia Youth Program (SSEAYP), Education first (EF). Masing-masing instansi tentu punya persyaratan dan kualifikasi khusus untuk program beasiswanya.
Akan tetapi, sekarang banyak program student exchange yang menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia. Seperti misalnya kampus ku yang menjalin kerjasama dengan Boromarajonani College of Nursing Suratthani, Thailand. Ketika institusi pendidikan kita sudah memiliki program kerjasama tersebut, actually prosedur pendaftaran jadi lebih mudah. Kita tinggal menyerahkan berkas pendaftaran kita ke institusi dan mengikuti seleksi yang diadakan oleh institusi.
Masih ada mahasiswa yang belum berpikir untuk mengikuti student exchange. Kurangnya motivasi dan informasi membuat kita sebagai mahasiswa merasa kesulitan. Nah untuk menambah minat dan motivasi, saya akan menguraikan beberapa keuntungan mengikuti program ini.
Pertama adalah meeting new many people from all continents
Ketika kita ke luar negeri, otomatis kita akan bertemu dengan orang-orang dari seluruh dunia. Wow, Open your mind! Kenyataan bahwa dunia nggak selebar daun kelor terbukti benar. Hidup kita nggak sebatas di rumah, di kost atau di kampus. Tapi dengan kita mengikuti program student exchange selain belajar, kita juga bisa bersosialisasi dengan banyak teman di seluruh dunia. Keuntungannya itu kita bisa berinteraksi dan bertukar informasi tentang apa yang ada di negara kita dan apa yang ada di negara mereka. Dan nggak semua orang bisa mendapat kesempatan ini. So, kejar cita-cita kita. Karena hidup itu hanya sekali dan waktu tidak akan pernah kembali.
Kedua, adapting to the whole new surrounding and culture
Keuntungan selanjutnya adalah kita bisa melatih kepercayaan diri. Bayangkan ketika kita berada di ruangan yang berisi orang-orang bule yang sama sekali nggak bisa bahasa indonesia. Mau nggak mau kita harus berbicara dengan bahasa inggris. Nah, dalam keadaan “terdesak” dan “kepepet” seperti ini kita akan mempunyai kemampuan adaptasi yang baik dalam berkomunikasi. Satu catatan penting adalah perusahaan akan melakukan rekrut pada orang-orang yang punya kemampuan berkomunikasi di atas rata-rata. So, pengalaman belajar di luar negeri akan menjadi pertimbangan utama bagi perusahaan untuk melakukan rekruitment, utamanya perusahaan multi nasional.
Ketiga, promoting your homeland’s culture: Indonesian cultures
Dengan kita mengikuti program ini secara tidak langsung kita akan menjadi duta wisata bagi Indonesia. Menjadi duta wisata itu nggak harus ikuti ajang pageant khusus duta pariwisata atau apapun. Dengan mengikuti student exchange ini kalian udah jadi duta wisata untuk Indonesia loh! Memang benar, ketika menjadi delegasi student exchange ke Thailand, kami mempromosikan kebudayaan Indonesia disana. Kami perform tentang budaya Indonesia. Nggak harus to be perfect sih yang penting show up aja. Hal ini menjadi penting karena sebagian turis asing di Bali bahkan tidak mengetahui bahwa bali merupakan Indonesia. So, tidak ada salahnya jika kita mendapat kesempatan keluar negeri nanti, selain belajar juga kita perkenalkan budaya Indonesia. Pasti kita sebagai warga negara akan bangga jika bisa mempromosikan budaya Indonesia ke mata dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar