Sabtu, 13 April 2019

Nusantara Sehat Batch 12


PEMANGGILAN PEMBEKALAN



Jumat, 12 April 2019 pukul 22.10

Saya membuka akun dan mendapatkan pemberitahuan bahwa “selamat anda berhak mengikuti pembekalan/batch 12, silahkan melakukan konfirmasi dengan mendownload dan mengupload surat pernyataan bermaterai yang sudah ditanda tangani oleh peserta dan wali peserta  pada kolom upload (format file pdf) yang sudah disiapkan.......”

Ketika membaca informasi yang ada rasanya naik roller coaster (padahal saya belum pernah naik roller coaster karena naik kora-kora saja saya hampir pingsan”. Senang sekali rasanya setelah apa yang ditunggu-tunggu akhirnya terwujud juga.

Saya menunggu sejak juli 2018. Lama sekali bukan? Kami yang dipanggil untuk pembekalan Nusantara Sehat batch 12 ini akan melakukan pembekalan di BBPK Ciloto, Bogor mulai tanggal 21 April 2019 – 28 Mei 2019.

Saya melepaskan pekerjaan saya di Jakarta hanya untuk mengikuti Program Nusantara Sehat ini. Ketika saya mengajukan resign, banyak sekali yang menjadi bahan pertimbangan bagi saya dan orang disekitar.

Apakah saya yakin ingin melepaskan pekerjaan saya di Jakarta ini, bekerja di dalam gedung, ber-air conditioner, salary juga sudah cukup, pusat pelayanan kesehatan dan rekreasi mudah dijangkau, sinyal lancar, listrik 24 jam, air berlimpah, transportasi sangat banyak dan lain sebagainya.

Sedangkan mengikuti program Nusantara sehat ini saya tidak tahu akan ditempatkan dimana, yang saya tahu hanyalah Daerah Terpencil Perbatasan Kepulauan (DTPK) dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK) dengan kategori terpencil dan sangat terpencil.

Kalau ditanya mengenai mampu atau tidak survive di daerah tersebut. Saya sangat yakin bahwa saya akan mampu. Karena saya berasal dan pernah tinggal di DTPK. Bagi saya tidak ada kesulitan, hanya bagaimana kita berbaur dengan masyarakat setempat, menghargai dan menghormati adat kebudayaan yang ada.

Bagiku ini adalah pencapaian tertinggi setelah “my dream come true” pada tahun 2015 silam. Ini kesempatan langka dan tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Harus bersaing dengan ribuan tenaga kesehatan lainnya untuk mendapatkan kesempatan ini.

Tidak ada hasil yang mengkhianati proses. Apapun yang kita inginkan jika kita berusaha dengan gigih, motivasi dan berdoa pasti akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Dan pengalaman ini akan saya mulai 20 April 2019 ini sampai pada 20 April 2021. Saya mengabdi untuk Indonesia dari pinggiran. Saya akan berbagi cerita dan pengalaman saya disini. Semoga bisa menginspirasi generasi muda lainnya untuk yuk sama-sama kita membangun Indonesia. Tidak harus mengikuti program Nusantara Sehat ini, tapi dengan cara lainnya juga bisa. Doakan semoga bisa memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi bangsa Indonesia!

Salam sehat,


Ns. Rexsi Chrisdinatha Putera.,S.Kep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar